Home » » SISTEM OPERASI

SISTEM OPERASI


OS (operating system) atau System operasi  adalah perangkat lunak yang mengoperasikan computer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna.
Sistem Operasi Secara Umum Terdiri Dari Beberapa Bagian :



  1.       Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
  2.       Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain.
  3.         Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
  4.        Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  5.       Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

 Sejarah Perkembangan Komputer Menurut Tanebaum
  • Generasi Awal
Perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual artinya belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.
  • Generasi Kedua                              
Di generasi kedua sudah dapat melakukan pekerjaan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan Batch Proccessing System.
  • Generasi Ketiga
Di generasi ketiga ini, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing  System(Multi-Task).
  • Generasi Keempat
Di generasi ini, sudah diperkenalkannya GUI (Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan sudah dapat menjalankan aplikasi/program atau piranti lunak.
  • Generasi Selanjutnya
Pada generasi selanjutnya diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini adalah contoh sebuah Sistem Operasi berbasiskan Website yang bekerja di dalam sebuah Sistem Operasi. Dan mulai diperkenalkan Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows.

Pengertian Sistem Operasi Berbasis GUI

GUI atau singkatan dari Graphical User Interface yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat keras komputer serta memudahkan dalam mengoperasikan sebuah sistem operasi (user friendly). GUI adalah sarana penghubug antara si pengguna ( User ) dengan apa yang digunakannya.
            Selama bertahun-tahun berbagai GUI yang telah dikembangkan untuk berbagai sistem operasi seperti OS / 2, Macintosh, Windows, amiga, Linux, Symbian OS, dan banyak lagi. Di zaman komputer monster ( komputer generasi pertama maksud saya ) GUI belum dikenalkan, zaman itu ketika MARK 1 & juga ENIVAC mendominasi, mesin mereka memerlukan ruangan yang besar , energi yang besar juga user yang banyak pula dengan setiap keahliannya masing-masing hanya untuk mengendalikan 1 mesin saja. Baru ketika era komputer generasi kedua ( DOS buatan Microsoft dan IBM ) ada sedikit perubahan tampilan meskipun bukan disebut GUI.
            GUI pertama kali dikembangkan oleh para peneliti di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di tahun 70-an. Penelitian ini membuka era baru dalam inovasi komputer grafis. Komputer pribadi (personal computer) pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis modern adalah Xerox Alto, yang dikembangkan pada tahun 1973. Sistem ini juga bukan sebagai produk komersial dan dimaksudkan terutama untuk penelitian di universitas


0 komentar :

Posting Komentar

Digital clock

Translate

Popular Posts

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS